1.Identifikasi
a)ciri-ciri guru yang baik
Mewujudkan
guru dan dosen sebagai pendidik profesinal dan baik, hanya dapat dicapai
apabila ketentuan-ketentuan yang termuat dalam UU No.14 Tahun 2005 dijalankan
dengan konsisten dan utuh.
1. Guru
wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat
jasmani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
2. Guru
berkewajiban ;
a. merencanakan
pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan
mengevaluasi pembelajaran.
b. Meningkatkan
dan mengembangkan kualifikasi akademik dan komptensi secara berkelanjutan
sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
c. Bertindak
objektif dan tidak deskriminatif atas pertimbangan jenis kelamin, agama, suku,
ras dan kondisi fisik tertentu, latar belakang keluarga, status sosial ekonomi
peserta didik dalam pembelajaran;
d. Menjunjung
tingggi peraturan perundang-undangan, hukum dan kode etik guru serta nilai
agama dan etika, dan;
e. Memelihara
dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa
3. Tenaga
kerja asing yang dipekerjakan sebagai guru pada satuan pendidikan di Indonesia
wajib memenuhi kode etik guru dan peraturan perundang-undangan.
4. Guru
yang diangkat oleh pemerintah atau pemerintah daerah wajib menanda tangani
pertanyaan kesanggupan untuk ditugaskan didaerah khusus paling sedikit 2 tahun.
5. Guru
wajib menjadi anggota organisasi profesi
6. Dosen
wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat
jasmani dan rohoni dan memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan satuan
pendidikan tinggi tempat bertugas, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan
tujuan pendidikan nasional.
7. Setiap
orang yang akan diangkat menjadi dosen wajib mengikuti proses seleksi;
8. Dosen
berkewajiban:
a. Melaksanakan
pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
b. Merencanakan,
melaksanakan proses pembelajaran, serta menilai dan mengevaluasi hasil
pembelajaran;
c. Meningkatkan
dan mengembangkan kualifikasi akademik dan komptensi secara berkelanjutan
sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
d. Bertindak
objektif dan tidak deskriminatif atas pertimbangan jenis kelamin, agama, suku,
ras dan kondisi fisik tertentu, latar belakang keluarga, status sosial ekonomi
peserta didik dalam pembelajaran;
e. Menjunjung
tingggi peraturan perundang-undangan, hukum dan kode etik guru serta nilai
agama dan etika, dan;
f. Memelihara
dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.
9. Tenaga
kerja asing yang diperkerjakan sebagai dosen pada satuan pendidikan tinggi di
Indonesia wajib mematuhi peraturan perundang-undangan.
b) ciri-ciri guru yang hebat.
Ciri guru hebat sebagai berikut.
(1) Ucapan dan intonasinya jelas dan mudah dipahami.
Siswa langsung menyerap makna dari ucapan guru tanpa harus berpikir lama dan
berputar-putar. Ucapan guru tersistem, mantap, dan berterima dengan kejiwaan
siswa.
(2) Bobot keilmuannya sangat dalam dan luas.
Sehari-hari, guru hebat mengikuti perkembangan zaman untuk memupuk keluasan
keilmuannya. Tren zaman dapat cepat dimaknai oleh guru lalu diolah dengan
bahasa guru untuk disajikan ke siswanya.
(3) Orangnya lugas dan sederhana. Karena yang
dihadapi adalah siswa bukan orang dewasa, guru hebat selalu menyampaikan
keilmuannya dengan lugas dan mudah diterima siswanya.
(4) Bersahabat dan peduli. Guru biasa selalu
mengambil jarak dengan siswa karena menurutnya wibawa guru akan terbangun.
Namun, tidak untuk guru hebat. Guru hebat bersahabat dengan siswanya sehingga
terbangun kedekatan yang akan mempermudah berkomunikasi. Wibawa justru dibangun
dari persahabatan antara siswa dengan guru.
(5) Kaya metode dan media. Guru hebat teramat paham
kalau siswa itu mudah jenuh, dinamis, dan kreatif. Menurutnya, mengajar harus
menyenangkan, dinamis, dan kreatif. Jalan yang harus ditempuh adalah menerapkan
pembelajaran dengan multimetode dan multimedia yang sesuai dengan keinginan
siswa.
2. Jika
diwajibkan memilih, apakah Anda akan berupaya untuk menjadi "guru yang baik" ataukah ingin
menjadi "guru yang hebat"? Mengapa demikian? Tulislah minimal tiga
alasan yang mendasari pilihan Anda itu.
Jawab:
Jika
diwajibkan memilih, saya akan berupaya untuk menjadi guru yang hebat dan guru
yang baik. Mengapa demikian?? Karena, guru yang hebat sudah pasti bisa
melakukan apa yang dilakukan oleh duru yang baik, seperti menjelaskan kepada
murid, sehingga ia paham. Akan tetapi guru yang baik belum tentu bisa melakukan
apa yang dilakukan oleh guru yang hebat, seperti menginspirasi dan memotivasi
muridnya, sehingga mampu berbuat sesuatu yang baik dengan kemampuannya sendiri.
Jadi intinya saya memilih keduanya.
Dari pernyataan Mendikbud di atas, saya mengambil
kesimpulan bahwa “guru yang baik” belum tentu ia “guru yang hebat”, akan
tetapi, “guru yang hebat” sudah pasti ia “guru yang baik”.
3.
Bagaimanakah profil ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini?
Jelaskanlah menurut sudut pandang Anda masing-masing.
Jawab:
Profil guru Bahasa Indonesia yang ideal untuk era
saat ini adalah guru yang mampu memanfaatkan fasilitas di era globalisasi
ataupun di era informasi ini untuk kepentingan mengajar juga membimbing
siswanya untuk bisa meningkatkan keterampilan berbahasa, karena keterampilan
berbahasa sangat diperlukan dalam setiap kegiatan. Guru Bahasa Indonesia
seharusnya mampu menjadi sebuah media untuk siswanya dalam segala hal
permasalahan mengenai Bahasa Indonesia. Guru Bahasa Indonesia juga harus bisa
menanamkan manfaat dari belajar Bahasa Indonesia. Tidak hanya bermanfaat dalam
hal nilai yang dicapai dikelas, tapi juga untuk manfaat diluar kegiatan
sekolah.
4. Adakah
manfaat yang Anda peroleh setelah membaca wacana itu? Jika ada, tulislah semua
manfaat yang dapat Anda petik darinya.
Jawab:
Tentu ada, saya mendapatkan manfaat mengenai
perbedaan antara guru yang baik dengan guru yang hebat. Wacana itu membuka
pikiran saya mengenai manfaat seorang guru yang sebenarnya. Selain itu juga,
dengan membaca wacana itu, saya merasa bersemangat untuk menjadi peran dari
wacana tersebut dan juga menjadi motivasi bagi saya untuk menjadi guru yang
super hebat dan super baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar