Selasa, 10 April 2012

Rangkuman Berbahasa


Rangkuman
Kesadaran berbahasa ialah sikap seseorang baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama bertanggung jawab sehingga menimbulkan rasa memiliki suatu bahasa dan dengan demikian seseorang berkemampuan untuk ikut membina dan mengembangkan bahasa dan berbahasa. Timbulnya suatu kesadaran akan rasa tanggung jawab akan suatu bahasa dan berbahasa akan memumbuhkan suatu bahasa atau berbahasa yang terpelihara dalam pemakaiannya.
Tanggung jawab akan bahasa dan berbahasa sangatlah diperlukan untuk menumbuhkan tata bahasa yang tertib dan mudah dimengerti. Tanggung jawab terhadap bahasa dan berbahasa haruslah ditumbuhkan akan timbulnya kesadaran akan suatu bahasa yang mudah dimengerti, seseorang tidak akan lepas dari lingkungan sekitar yang memungkinkan adanya beberapa bahasa yang tidak selaras akan bahasa tersebut. Tanggung jawab terhadap bahasa dan berbahasa mempunyai jangkauan akibat yang luas baik bahasa yang di wariskan atau bahasa akibat lingkungan sosialnya.
Sikap terhadap bahasa dan berbahasa ialah suatu tatanan suatu bahasa yang baik, resmi dan mudah dimengerti oleh seseorang agar tidak timbul bahasa yang bersifat negative. Pelaksanaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari adalah setelah sesuai dengan kaidah-kaidah berbahasa.
Sikap terhadap bahasa ditekankan pada segi tanggung jawab dan penghargaan terhadap bahasa. Sedangkan sikap berbahasa ditekankan pada kesadaran diri sendiri dalam menggunakan bahasa yang tertib, dan semua itu harus dimulai dari kesadaran terhadap bahasa dan berbahasa.
Rasa memiliki terhadap suatu bahasa timbul dari perasaan akan kebutuhan suatu bahasa  yang akan dijaga dan dipelihara. Dengan kesadaran berbahasa diharapkan timbul rasa memiliki suatu bahasa yang timbul karena suatu kebutuhan pribadi.
Partisipasi dalam pembinaan bahasa adalah suatu hasil dari kesadaran berbahasa dan rasa tanggung jawab akan bahasa baik melalui kegiatan pribadi atau kegiatan kelompok. Bukti dari partisipasi dalam pembinaan berbahasa dan bahasa adalah pemakain kita terhadap suatu bahasa yang tertib dan mudah dimengerti dalam suatu komunikasi.
Keikutsertaan dalam pembinaan bahasa ialah sikap ketika menggunakan bahasa yang memperhatikan kaidah bahasa yang bersangkutan, minimalnya penggunaan bahasa dan berbahasa timbul dari kesadaran dengan rasa penuh tanggung jawab dan menggunakan secara tertib dengan memperhatikan kaidah-kaidah berbahasa yang baik dan benar.

Nama : Nunu Nurjaman
41032151111027
Matematika 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar